Sabtu, 18 Mei 2024

RENJANA UNTUK NARAPATIKU

RENJANA UNTUK NARAPATIKU

'Karya Siswi Spenju (tak terucap dalam gelap)'


Karung besar yang berat jatuh kedalam lautan biru gelap, seekor lumba-lumba muncul dari pelukan lautan, satunya lagi menghampiri sohibnya. Nelayan berburu ikan-ikan, satu dua ekor ikan berhasil kabur dari jala nelayan, kini ikan itu sudah sebesar perahu nelayan. Percayakah kalian itu? 

Harmoni tembang lautan menyapu indra pendengar, suara riuh-riang menghiasi subuh itu, para pekerja, nelayan, pedagang, serta warga pesisir memulai hari. Arunika muncul dari ufuk timur, memaku nanar padanya. Jam yang gelap dan jahat berakhir, dia selalu muncul untuk menjadi yang paling bersinar. Sebagian tak bisa melihat indahnya, mereka terlalu malas untuk melihat lebih dalam dirinya. 

Arung duduk dibawah pohon mangga yang menjulang besar, manik matanya menatap kearah utara, rambut hitamnya bergerak mengikuti goyangan angin, kulit putihnya terpapar sinar manis mentari, dia seperti lautan saat Arunika terjadi, begitu indah dan tak banyak yang memandangnya dengan mata hati. Teman seumurnya, bermain juga bercanda dengan banyak mawar, hanya dia yang menjauh agar tak terkena duri. Dari barat, arah yang tak dia lihat, Badai mengintainya dengan tatapan penuh kagum seketika ingin menjadi Bidadari untuk Arung. 

“Rung, aku cinta kamu.” Badai takut, malu, dan resah, segera setelah berucap seluruh yang berkaitan tentang Arung ia bisukan. Kapan? Kapan Badai merasa seperti ini? Bagaimana? Bagaimana bisa yang terkenal tak tahu malu, meluluh-lantahkan segala di depannya, menerobos apapun yang menghalanginya, bagaimana bisa kini ia penuh malu dan ragu?

Mereka merenggang seperti epilog tanpa prolog, Badai berharap Arunika memberkatinya. Hidupnya penuh gelap dan seram, selamanya ia merasa takut dikeliling kabut asap yang menyesakan, dia ingin berjalan dalam dekapan Pertiwi tanpa ragu, tanpa takut, ingin pendengarannya dipenuhi kicauan burung riang yang semanis mata kucing bukan suara berisik penuh maki untuknya, ingin merasakan hangatnya matahari yang lembut dan damai bukan rasa malu penuh khawatir yang mempertaruhkan kejernihannya. Dia selalu dituntut menjadi Badai yang selalu kita kenal, berbisa dan menyesatkan.

Naas, nasib Badai selalu mencerminkan dirinya.. merusak tapi akan berakhir walau kerusakan itu hanya akan diberikan plester luka tak berobat. Mungkin ia berfikir semuanya telah berakhir dikala dunia luluh lantah olehnya namun rasa dungu yang membelenggu tak kunjung melepaskan belenggunya. Dia masih menikmati matahari terbit sebagai puncak dari rindunya seolah ia sedang memuja keindahan Arunika lewat manik kagumnya, ia akan selalu memuja Arunika walaupun keindahan itu tak abadi sebab Arunika akan berganti menjadi Sandhyakala yang artinya malam yang gelap dan jahat kembali mengingatkannya dengan dunia penuh ular. Sang Kala perlahan mulai muak, ia mengubah Badai menjadi Purnama, Arunika yang menjadi Aditya, dan Arung menjadi Maheswara. Hingga semua melangkah menuju jalan yang berbeda, Maheswara akan selalu melihat rakyatnya bagaikan Aditya untuk mereka, sedangkan Purnama akan melihat Aditya sebagai sumber cahayanya. 

Purnama yang masih menjadi satu dengan kegelapan dikelilingi awan hitam yang pekat, merintih dan selalu mengumpat atas segalanya, melepaskan kendalinya hingga akhirnya digembala oleh Sang Chandra. Sang Hyang Chandra menyaksikan kegundahan Purnamanya walau cemburu ia tetap membantu kasihnya agar setidaknya bisa mendapatkan impiannya walaupun nantinya Purnama akan tetap menjadi milik malam dan miliknya. 

“Dari! Tunggu!” Dari berlari dalam padang bunga melati kesukaannya dari belakang Arung mengejarnya dengan senyum yang selalu dirindukannya. 

“Kamu lama, Rung!” Arung mendengar teriakan Dari mempercepat lajunya saat ketika lengan Dari digapainya sekilas senyum manis kembali merekah, Dari selalu suka dan rindu senyuman manis Arung.

“Ri.. jangan pergi pakai selendang ajaibmu ya?” Saat berucap Arung menggenggam lembut lengan Dari, ia menuntun Dari duduk di tepi laut dengan pohon disisi kanannya, ada kekhawatiran Arung disetiap bait ucapannya. 

“Kamu fikir aku Bidadari istrinya Jaka Tarub apa ya?” Dari duduk bersender dengan pohon didekatnya, ia tersenyum puas saat mendengar kekhawatiran dari Arung, ada rasa gemas dalam hatinya saat Arung berucap.

“Bukan Bidadarinya Jaka Tarub, tapi Bidadarinya..” Gelap. Purnama terbangun, ada rasa yang hilang dalam hatinya.. hanya mimpi yang terlalu indah untuk menjadi sebuah kenyataan untuk Purnama yang berharap menjadi Bidadari untuk Maheswara. Triasih ditepi lautan dengan berkat dari Arunika mungkin terlalu liar bahkan untuk separuh jiwa dari Badai sendiri.

Purnama meredup dan menghilang, bersembunyi dibalik bintang-bintang. Mengenang segalanya tentang Pertiwi yang berpindah dalam manik nanarnya. Kupu-kupu yang mencari bunga mengingatkannya tentang kenangannya empat tahun lalu. Ingatkah kamu? 

“Angin darat hanya mengantar nelayan pergi, bukan pulang. Apa aku bisa kembali bersama angin laut untuk berjumpa denganmu?”

----------------------------------------------------------

Pembina Literasi Digital : Ummul Karyati, S.Pd dan Ahmad Kadafi, S.Si

Support "Media Center Spenju"

Ikuti informasi seputar SMPN 7 Mataram melalui kanal berikut:

Instagram : smpn7mataram_

Facebook : Spenju Times

YouTube : SMPN 7 Mataram Official

TikTok : smpn7mataram_

Saluran WhatsApp : Spenju Times

Blogger : smp7mat.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persyaratan PPDB SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025

Berikut kami kirimkan lampiran Persyaratan PPDB SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025